Jumat, 02 Desember 2016

5 Jenis Usaha Peternakan Yang Berpotensi Menghasilkan Keuntungan

Bicara soal usaha, selain pertanian, usaha peternakan juga cukup menjanjikan, terlebih jika kondisi wilayah mendukung. Ada beberapa jenis peternakan yang bisa dicoba jika anda tertarik ingin membuka atau memulai usaha dalam bidang peternakan. Apa saja jenis peternakan yang berpotensi mendatangkan keuntungan?
peternakan sapi, foto:infoagribisnis.com

Ternak Sapi
Peternakan sapi hingga kini selalu bisa mendatangkan keuntungan selama dikelola dengan baik. Banyak keuntungan yang didapatkan karena sapi memiliki bagian yang bisa diolah dari dagingnya, susu hingga kotorannya juga bisa diolah menjadi sesuatu yang bermanfaat yaitu kompos. Pada waktu tertentu, penjualan sapi bisa meningkat terutama menjelang hari raya idul adha atau qurban.

Ternak Biri-biri
Di beberapa wilayah luar negeri, biri-biri menjadi ternak yang sangat menjanjikan karena tidak hanya bisa diambil dagingnya tetapi juga menghasilkan wol. Ternak biri-biri merupakan usaha peternakan yang dilirik Selandia Baru. Di wilayah Selandia Baru, usaha ternak biri-biri dikelola dengan baik sehingga banyak warganya yang memilih usaha ini.

Ternak Ayam
Salah satu hewan yang cukup banyak diternakkan oleh masyarakat adalah ayam. Hewan ini tidak perlu waktu lama untuk tumbuh besar, pemeliharaannya juga tidak terlalu sulit serta untuk pakan ternak mudah dicari. Selain itu, permintaan pasar akan daging dan telur selalu ramai. Tidak heran jika banyak orang yang membuka usaha ternak ayam. 

Ternak Ikan Lele
Bagi yang punya tambak, usaha ternak ikan lele bisa jadi tepat untuk anda. Ikan lele merupakan jenis ikan air tawar yang dapat hidup dalam kondisi air keruh sehingga pengelolaannya tidak terlalu sulit. Masa panennya juga tidak terlalu lama sehingga peternak bisa menikmati hasilnya dengan cepat. Orang-orang yang biasanya memerlukan ikan lele adalah para pedagang kuliner seperti penjual lalapan, pemilik rumah makan atau restoran. Usaha ternak ikan sangat potensial bagi anda yang berada dikawasan ramai tempat kuliner.

Ternak Bebek
Selain ayam, bebek juga jenis hewan yang bisa diternakkan karena hampir mirip dengan ayam yaitu cepat besar, mudah dipelihara, menghasilkan telur dan bisa dikonsumsi dagingnya. Jenis usaha ternak cocok bagi anda yang berada dipedasaan karena untuk membuat kandangnya lebih mudah. Untuk memulai usaha ternak bebek, anda bisa memulainya dengan jumlah yang sedikit terlebih dahulu sebagai uji coba, jika berhasil maka dapat menambah jumlah ternak untuk terus dikembangbiakkan.
Diantara 5 jenis usaha ternak yang sudah dibahas, mana yang cocok dengan pilihan anda? Jika sudah mantap ingin memulai usaha ternak, siapkan ilmu, skill dan juga modal yang memadai untuk membuka usaha, dengan begitu semoga usaha anda nantinya dapat berjalan lancar dan sukses.

Bagikan

Jangan lewatkan

5 Jenis Usaha Peternakan Yang Berpotensi Menghasilkan Keuntungan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.