Sabtu, 31 Desember 2016

Langkah-Langkah Memijat Bayi yang Benar

Sebelum melakukan pijatan pada bayi, sebaiknya Anda tahu cara memijat bayi yang benar. Pertama-tama, siapkan tempat pemijatan yaitu yang permukaanya rata dan bersih bisa berupa baby taffel atau massage bed. Lalu gunakan handuk lembut dan lebar untuk alasnya sehingga bayi nyaman saat berbaring. Kemudian ganjal alas bayi dengan lipatan handuk, letakkan tepat di bawah kepalanya agar terjadi kemiringan. 
foto:bidanku.com
Tujuan alas bayi dibuat miring adalah agar ibu lebih mudah dan leluasa memijat bayi. Selain itu juga untuk menjaga otot jari dan pergelangan hingga tangan tdak kaku. Otot-otot yang lentur akan memberikan tekanan pijatan yang tepat. Ibu juga lebih sigap dalam menjaga si bayi yang mungkin saja bergerak ketika pemijatan berlangsung. Berikut cara memijat bayi yang benar :

•    Angkatlah bagian belakang kepala bayi Anda menggunakan kedua tangan dan usap-usap dahinya menggunakan ujung jari Anda.
•    Usap-usap mulai dari puncak tulang hidung sampai menyebrang ke kedua pipinya.
•    Pijat area dagu dengan gerakan melingkar-lingkar kecil.
•    Setelah itu, beri pijatan lembut menggunakan ibu jari pada dahi di atas alis. Cara memijat bayi yang benar yakni perhatikan supaya tekanan pijatan berhenti di ujung alis pada bagian dahi yang keras dekat pelipis, tapi tidak mencapai pelipis. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah ketika memijat harus menggunakan bagian ruas jempol dengan tidak menekan kelopak mata bayi. 

•    Cara pijat bayi yang benar selanjutnya dengan menekan lembut samping hidung, mulai sudut mata sampai dekat cuping hidung. Dan diakhiri dengan menambah tekanan, lalu kembali pada posisi atas pangkal hidung.
•    Selanjutnya beri tekanan lembut pada bagian bawah hidung di atas bibir.
•    Lalu, lakukan pijatan dengan gerakan melingkar di bagian pipi, mulai dari sudut bibir menuju ke arah telinga bagian depan cuping telinga. Kemudian tarik jari telunjuk kembali ke arah sudut bibir bayi. Letakkan jarii tengah Anda di bawah rahang dan beri tekanan lembut di kelenjar bawah rahang.
•    Pijat area wajah pada 4 titik tekanan pada cuping telinga.
•    Yang terakhir, pindah ke bagian tengkuk dengan cara memberi awalan tekanan pada satu titik di leher bagian atas belakang. Lanjutkan dengan tarikan lembut ke bagian pundak dan bahu. 

Bagaimana? Cukup mudahkan cara memijat bayi yang benar. Mulai sekarang, lakukan pemijatan bayi Anda sendiri. Karena pemijatan ini bisa membentuk ikatan batin antara Anda dengan bayi Anda. Lagi pula, jika Anda yang memijat sendiri dapat mengurangi segala kemungkinan buruk yang terjadi pada bayi Anda.

Bagikan

Jangan lewatkan

Langkah-Langkah Memijat Bayi yang Benar
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.