Sabtu, 31 Desember 2016

Langkah-Langkah Memijat Bayi yang Benar

Sebelum melakukan pijatan pada bayi, sebaiknya Anda tahu cara memijat bayi yang benar. Pertama-tama, siapkan tempat pemijatan yaitu yang permukaanya rata dan bersih bisa berupa baby taffel atau massage bed. Lalu gunakan handuk lembut dan lebar untuk alasnya sehingga bayi nyaman saat berbaring. Kemudian ganjal alas bayi dengan lipatan handuk, letakkan tepat di bawah kepalanya agar terjadi kemiringan. 
foto:bidanku.com
Tujuan alas bayi dibuat miring adalah agar ibu lebih mudah dan leluasa memijat bayi. Selain itu juga untuk menjaga otot jari dan pergelangan hingga tangan tdak kaku. Otot-otot yang lentur akan memberikan tekanan pijatan yang tepat. Ibu juga lebih sigap dalam menjaga si bayi yang mungkin saja bergerak ketika pemijatan berlangsung. Berikut cara memijat bayi yang benar :

•    Angkatlah bagian belakang kepala bayi Anda menggunakan kedua tangan dan usap-usap dahinya menggunakan ujung jari Anda.
•    Usap-usap mulai dari puncak tulang hidung sampai menyebrang ke kedua pipinya.
•    Pijat area dagu dengan gerakan melingkar-lingkar kecil.
•    Setelah itu, beri pijatan lembut menggunakan ibu jari pada dahi di atas alis. Cara memijat bayi yang benar yakni perhatikan supaya tekanan pijatan berhenti di ujung alis pada bagian dahi yang keras dekat pelipis, tapi tidak mencapai pelipis. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah ketika memijat harus menggunakan bagian ruas jempol dengan tidak menekan kelopak mata bayi. 

•    Cara pijat bayi yang benar selanjutnya dengan menekan lembut samping hidung, mulai sudut mata sampai dekat cuping hidung. Dan diakhiri dengan menambah tekanan, lalu kembali pada posisi atas pangkal hidung.
•    Selanjutnya beri tekanan lembut pada bagian bawah hidung di atas bibir.
•    Lalu, lakukan pijatan dengan gerakan melingkar di bagian pipi, mulai dari sudut bibir menuju ke arah telinga bagian depan cuping telinga. Kemudian tarik jari telunjuk kembali ke arah sudut bibir bayi. Letakkan jarii tengah Anda di bawah rahang dan beri tekanan lembut di kelenjar bawah rahang.
•    Pijat area wajah pada 4 titik tekanan pada cuping telinga.
•    Yang terakhir, pindah ke bagian tengkuk dengan cara memberi awalan tekanan pada satu titik di leher bagian atas belakang. Lanjutkan dengan tarikan lembut ke bagian pundak dan bahu. 

Bagaimana? Cukup mudahkan cara memijat bayi yang benar. Mulai sekarang, lakukan pemijatan bayi Anda sendiri. Karena pemijatan ini bisa membentuk ikatan batin antara Anda dengan bayi Anda. Lagi pula, jika Anda yang memijat sendiri dapat mengurangi segala kemungkinan buruk yang terjadi pada bayi Anda.
Baca selengkapnya

Selasa, 20 Desember 2016

6 Tips Memilih Tas untuk Remaja

Anak usia remaja itu memiliki personality yang unik. Sebab masuk usia transisi dari anak-anak ke tahan dewasa. Di saat itu terjadi banyak perubahan pada dirinya. Termasuk mengenai selera berpakaian dan berpenampilan. Nah, karena itu dalam memilih tas untuk remaja ini ada tips-tips khusus yang perlu Anda tahu.

1. Pilih tas yang cocok untuk remaja
Tidak semua tas itu sesuai untuk remaja. Karena itu Anda perlu pilih tas yang memang sesuai dengan usia anak ini. Kalau kita lihat dari bentuknya sudah bisa kelihatan apakah tas tersebut cocok atau tidak untuk remaja.

Contohnya untuk koleksi tas punggung exsport ini. Tas warna hijau yang yang tampak simpel namun tetap terlihat stylish.
Tas merk Exsport ini memang termasuk yang digemari di kalangan remaja. Sebab bahannya bagus dan enak saat dippakai. Kalau soal tempat penyimpanan di dalam tas pun sangat banyak. Jadi kalau mau digunakan sebagai tas sekolah pun sangat tepat. Atau misalnya mau dikenakan saat jalan-jalan juga sangat sesuai. Nah dengan membeli tas yang bisa dipakai untuk segala suasana ini memang sangat tepat. Karena bisa digunakan sesering mungkin tanpa perlu tas khusus.

2. Bahan tas yang kuat dan awet
Pilih tas yang bermutu tinggi. Agar tidak gampang rusak dan dapat digunakan hingga waktu lama. Bahan tas yang bagus itu juga akan terasa nyaman saat dipakai. Jadi anak remaja yang memakainya pun akan merasa lebih pede.

3. Harga masuk jangkauan
Sebagai orang tua, mau tak mau kita harus tetap berkompromi dengan budget yang tersedia. Karena sekalipun barangnya sangat bagus, tapi kalau di luar jangkauan kemampuan maka akan sulit untuk terbeli.
Untuk itu coba cari tas punggung yang sedang didiskon atau ada sale. Seperti misalnya koleksi tas punggung exsport tadi, di MatahariMall.com itu sering mendapatkan diskon. Coba aja untuk melihatnya dan cari diskon terbesar yang ditawarkan.
Malah pada momen-momen tertentu sering ada tambahan diskon yang membuat harga tas ini pun jadi lebih hemat. 

4. Perhatikan merek
Cara paling gampang unuk mengenali kualitas sebuah produk adalah dengan melihat apa mereknya. Jika memang merek tasnya terkenal seperti Exsport tadi, kita jadi lebih yakin untuk membelinya. Sebab produk yang dikeluarkan itu sudah melewati proses quality control yang ketat.
Tentu buat lebih yakin lagi Anda harus membelinya di situs online terpercaya. Supaya barang yang dijual itu memang asli. Kalaupun nantinya ada masalah, kita akan lebih mudah mengurusnya dibandingkan kalau membelinya di situs yang tidak jelas. 

5. Model Tas yang Trendy
Bagi remaja khususnya mengenai model tas itu sangat penting. Sebab nantinya tas itu akan sering dibawa baik ke sekolah maupun saat ke rumah teman. Nah, dengan memiliki tas yang bermodel trendy tersebut, anak pun akan lebih merasa percaya diri untuk mengenakannya. 

6. Ajak pilih tas bersama
Orang tua sebaiknya ajak anak untuk bersama-sama memilih tas yang cocok untuknya itu. Sebab khawatirnya kalau orang tua memilihkan secara sepihak akan tidak cocok bagi anak.
Kalau misalnya ortu juga sibuk, gampang kok mensiasatinya. Anda misalnya saat ketemu di rumah bisa browsing bareng anak untuk belanja tas seperti di Mataharimall.com. Tinggal pilih mana tas punggung yang disukai, lalu kemudian setelah itu order. 

Andaikan pun ortu juga jarnag ketemu anak. Minta aja anak untuk memilih tas yang disukainya secara online itu. lalu Anda sebagai orang tua bisa memesankannya.
Nah itulah tadi tips untuk memilih tas yang cocok untuk anak remaja. Kita sebagai orang tua memang perlu tahu seperti apa pertumbuhan selera anak. Dengan begitu diharapkan anak bisa bertumbuh kembang seperti yang kita harapkan.
Baca selengkapnya

Jumat, 02 Desember 2016

5 Jenis Usaha Peternakan Yang Berpotensi Menghasilkan Keuntungan

Bicara soal usaha, selain pertanian, usaha peternakan juga cukup menjanjikan, terlebih jika kondisi wilayah mendukung. Ada beberapa jenis peternakan yang bisa dicoba jika anda tertarik ingin membuka atau memulai usaha dalam bidang peternakan. Apa saja jenis peternakan yang berpotensi mendatangkan keuntungan?
peternakan sapi, foto:infoagribisnis.com

Ternak Sapi
Peternakan sapi hingga kini selalu bisa mendatangkan keuntungan selama dikelola dengan baik. Banyak keuntungan yang didapatkan karena sapi memiliki bagian yang bisa diolah dari dagingnya, susu hingga kotorannya juga bisa diolah menjadi sesuatu yang bermanfaat yaitu kompos. Pada waktu tertentu, penjualan sapi bisa meningkat terutama menjelang hari raya idul adha atau qurban.

Ternak Biri-biri
Di beberapa wilayah luar negeri, biri-biri menjadi ternak yang sangat menjanjikan karena tidak hanya bisa diambil dagingnya tetapi juga menghasilkan wol. Ternak biri-biri merupakan usaha peternakan yang dilirik Selandia Baru. Di wilayah Selandia Baru, usaha ternak biri-biri dikelola dengan baik sehingga banyak warganya yang memilih usaha ini.

Ternak Ayam
Salah satu hewan yang cukup banyak diternakkan oleh masyarakat adalah ayam. Hewan ini tidak perlu waktu lama untuk tumbuh besar, pemeliharaannya juga tidak terlalu sulit serta untuk pakan ternak mudah dicari. Selain itu, permintaan pasar akan daging dan telur selalu ramai. Tidak heran jika banyak orang yang membuka usaha ternak ayam. 

Ternak Ikan Lele
Bagi yang punya tambak, usaha ternak ikan lele bisa jadi tepat untuk anda. Ikan lele merupakan jenis ikan air tawar yang dapat hidup dalam kondisi air keruh sehingga pengelolaannya tidak terlalu sulit. Masa panennya juga tidak terlalu lama sehingga peternak bisa menikmati hasilnya dengan cepat. Orang-orang yang biasanya memerlukan ikan lele adalah para pedagang kuliner seperti penjual lalapan, pemilik rumah makan atau restoran. Usaha ternak ikan sangat potensial bagi anda yang berada dikawasan ramai tempat kuliner.

Ternak Bebek
Selain ayam, bebek juga jenis hewan yang bisa diternakkan karena hampir mirip dengan ayam yaitu cepat besar, mudah dipelihara, menghasilkan telur dan bisa dikonsumsi dagingnya. Jenis usaha ternak cocok bagi anda yang berada dipedasaan karena untuk membuat kandangnya lebih mudah. Untuk memulai usaha ternak bebek, anda bisa memulainya dengan jumlah yang sedikit terlebih dahulu sebagai uji coba, jika berhasil maka dapat menambah jumlah ternak untuk terus dikembangbiakkan.
Diantara 5 jenis usaha ternak yang sudah dibahas, mana yang cocok dengan pilihan anda? Jika sudah mantap ingin memulai usaha ternak, siapkan ilmu, skill dan juga modal yang memadai untuk membuka usaha, dengan begitu semoga usaha anda nantinya dapat berjalan lancar dan sukses.
Baca selengkapnya

Cara Membuat Kue Ulang Tahun Bertemakan Pelangi

Cara Membuat Kue Ulang Tahun Bertemakan Pelangi – membuat sesuatu yang menyenangkan bagi anak tentu adalah sebuah project dan planning yang harus dimiliki oleh orang tua. Ini dikarenakan anak – anak saat ini sangat senang apabila hari ulang tahunnya dirayakan, dan didatangi oleh banyak teman – temannya. Namun anak juga sangat ingin memberikan sesuatu yang keren baginya, oleh sebab itu orang tua terutama bunda harus tau apa yang harus ditambahkan ketika si anak ulang tahun.
kue ultah pelangi, foto:resepkueku.xyz
Salah satunya dengan mengenali resep kue ulang tahun anak, membuat kue ulang tahun untuk anak memang sudah biasa. Tetapi yang tidak biasa adalah membuat kue ulang tahun pada anak yang mempunyai resep kue ulang tahun anak yang berbeda dari biasanya. Karena dengan demikian bisa dipastikan suasana yang baru dan positif akan hadir berbarengan dengan hari ulang tahunnya si anak tersebut. Tentu akan menarik bukan ?

Disini akan dijelaskan mengenai resep kue ulang tahun sederhana anak yang bertemakan dengan pelangi (rainbow) ini karena tentunya anak – anak sangat suka dengan pelangi. Oleh sebab itu kehadiran pelangi pada kue ulang tahun akan menjadikan si anak sangat senang, bukan hanya anak bunda semata. Orang – orang yang melihatnya juga akan turut merasa kagum dan senang saat melihat apalagi mencicipi kue ulang tahun tersebut.

Bahan-bahan
1.    5 butir telor.
2.     250 gram gula pasir.
3.    200 gram tepung terigu (saya pakai segitiga biru).
4.     1 sachet susu dancow.
5.     150 ml minyak goring.
6.    1 sachet SKM putih.
7.    Bahan hiasan dan topping.
8.    4 bungkus coklat chacha.
9.    coklat batang .
10.    coklat batang putih.
11.    whipped cream .
12.    pasta aneka rasa/pewarna makanan.

Cara Untuk Membuat Kue Ulang Tahun Bertemakan Pelangi

1.    Mixer telor,gula pasir serta tepung terigu hingga mengembang selama 10 menit. Lalu masukkan susu sachet, minyak goreng serta SKM lalu aduk hingga rata lalu masukkan bahan dari no 7-12 aduk hingga bercampur.
2.    Letakkan adonan(di Loyang) lalu beri warna pelangi dengan menggunakan pewarna coklat bewarna.
3.    Panaskan kukusan sampai mendidih dan tunggu hingga uapnya banyak. Kemudian Basahkan loyang dengan minyak lalu lapisi dengan kertas roti dan beri minyak lagi di atasnya. Kukus kembali sampai 25 menit.
4.    Tips agar kue lebih harum sebaiknya menggunakan pasta aneka rasa.
5.    Hiasi rainbow yang sudah dingin dengan whipped cream. Tambahkan pewarna coklat pasta diatasnya kue tersebut
6.    Buat hiasan seperti pagar, atau semacamnya pada makanan yang masih lembut tersebut.tunggu hingga mengeras dengan menaruhnya di freezer. coklat dihias melingkari atau vertical  rainbow yang sudah diberi full whipped cream menggunakan pasta.
Baca selengkapnya