Rabu, 24 Mei 2017

Cara Membuat Rumah Sejuk di Siang Hari

Salah satu kriteria untuk rumah yang nyaman adalah rumah yang sejuk dan tidak panas atau pengap. Rumah yang sejuk sendiri memiliki beberapa faktor, di antaranya adalah: ruangan yang terbuka, ruangan yang tidak sempit, ruangan yang lega dengan langit-langit tinggi. Namun, kebanyakan rumah KPR murah minimalis di Jakarta, Bandung, dan kota besar lainnya didesain sesuai dengan ukurannya. Sehingga agak sulit untuk mendapatkan kesejukan di dalam rumah.
Maka dari itu, beberapa tips di bawah ini dapat dilakukan agar rumah terasa lebih sejuk baik di siang, maupun malam hari.
Buat Taman
Letakkan tanaman di lokasi strategis di penjuru rumah. Dengan begitu ruangan akan terasa lebih sejuk. Apalagi, pada siang hari, tanaman akan mengeluarkan oksigen sehingga dapat memberikan kesejukan di rumah Anda.
Kurangi Sumber Panas
Biasanya, alat elektronik di rumah menghasilkan panas. Cobalah untuk mematikan alat-alat elektronik tersebut. Biasanya alat elektronik tersebut adalah laptop, komputer, charger handphone, dan tv juga radio. Cobalah untuk mematikan tv dengan menekan tombol for daripada mematikannya dalam modus stand by. Cabut charger ponsel jika telah digunakan.
Warna Cerah Bisa Membantu
Interior berwarna cerah dapat membantu memantulkan cahaya ke seluruh ruangan. Gunakanlah tirai berwarna cerah seperti putih atau krem. Sehingga dapat membuat rumah terasa lebih sejuk oleh cahaya yang tidak terlalu terik.
Lampu Neon Pilihan Tepat
Lampu yang nyalanya lebih redup, belum tentu menghasilkan panas yang lebih sedikit. Itulah yang terjadi pada lampu pijar. Maka dari itu, gunakanlah lampu neon yang lebih terang namun tidak memproduksi terlalu banyak panas walaupun berharga lebih mahal.
Jaga Agar Tidak Lembab
Rumah yang lembab bisa melahirkan panas. Pastikan Anda memberikan ventilasi di tempat-tempat yang lembab seperti kamar mandi, ruang cuci, dan juga ruangan lain yang berpotensi lembab. Akan lebih baik jika anda mencuci baju di pagi hari daripada siang hari karena sinar matahari yang mengenai baju lembab akan menciptakan panas.
Tutup Jendela di Siang Hari
Pada pagi hari, udara dan sinar matahari yang masuk ke dalam rumah sangat baik untuk kesehatan. Cahayanya yang tidak terlalu panas, dapat menenangkan. Dan udara bersih pagi hari masuk ke dalam rumah dan menyejukkan. Tap pada siang hari, udara yang masuk adalah udara polusi dan juga sinar yang terik sehingga embut rumah panas. Pada malam hari, bukalah jendela udara untuk membuat udara masuk ke dalam rumah dan tutup jendela ketika akan tidur.

Bagikan

Jangan lewatkan

Cara Membuat Rumah Sejuk di Siang Hari
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.