Sabtu, 07 Januari 2017

Tips Agar Baterai Smartphone Makin Hemat

Tips Agar Baterai Smartphone Makin Hemat



Saat ini, ponsel pintar adalah barang umum. Semakin banyak pengguna ponsel, yang dulunya menggunakan ponsel dengan fungsi dasar menelpon dan sms, mulai menggunakan smartphone dengan tambahan aplikasi untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Banyaknya aplikasi yang terinstall dalam smartphone dan gaya hidup yang menuntut smartphone jadi barang vital, membuat baterai smartphone jadi boros.
Berikut adalah beberapa tips yang dapat menghemat pemakaian baterai smartphone anda.
Hasil gambar untuk Tips Agar Baterai Smartphone Makin Hemat
intisari-online.com

Yang Pertama Kurangi Tingkat Cahaya (Brightness) Layar Smartphone
Pada saat smartphone baru kita keluarkan dari box, biasanya tingkat cahaya layar smartphone di-setel dalam tingkat maksimal. Kurangi tingkat cahaya pada tingkat yang bisa diterima oleh mata anda.

Yang Kedua Matikan Fasilitas GPS
Fasilitas GPS telah menjadi barang vital di smartphone. Fasilitas keren yang memungkinkan smartphone untuk diketahui posisinya di bumi via satelit ini, bukannya tanpa pengorbanan. Baterai smartphone tersedot dengan cepat seiring seringnya menggunakan fasilitas GPS. Banyak aplikasi di smartphone yang menggunakan fasilitas GPS. Sebaiknya, pilih fasilitas GPS untuk aplikasi yang diinginkan. Atau kalau memang tidak perlu, matikan akses GPS untuk semua aplikasi, untuk menghemat baterai. Gunakan fasilitas GPS seperlunya saja.

Yang Ketiga Selalu Matikan Fitur Getar (Vibrate)
Fasilitas getar yang biasanya berguna disaat rapat atau pertemuan penting, menuntut daya baterai yang besar. Lebih baik, gunakan dering dengan volume yang disetel ketingkat seminim mungkin, dibandingkan menggunakan fitur getar yang lebih menyedot daya baterai smartphone anda dan apabila lupa meletakkannya akan susah mencari kalau ditelpon tidak keluar suara.

Yang Keempat Gunakan Wallpaper Statis
Bagi pengguna BlackBerry dan Android, banyak sekali wallpaper keren yang tampilannya dinamis dengan animasi/grafik yang hidup. Wallpaper yang lebih dikenal dengan sebutan Live Wallpaper, juga ditengarai menyedot daya baterai. Kalau memang tidak terlalu perlu, sebaiknya menggunakan wallpaper statis saja, dibandingkan menggunakan Live Wallpaper.

Yang Kelima Kunci Layar Smartphone
Smartphone menyediakan fitur ini untuk keamanan, namun fitur ini juga berguna untuk menghemat kerja baterai. Layar smartphone yang dalam keadaan terkunci, ketika ada sentuhan di layar ataupun keypad, smartphone tidak lantas aktif terus menerus. Layar yang aktif terus menerus menyedot daya baterai. Fasilitas ini sebaiknya diikuti dengan penyetelan tingkat jangka waktu otomatis layar menyala. Persingkat setelan durasinya seminim mungkin.

Semua tips diatas bergantung pula dengan perilaku penggunaan smartphone. Jika pengguna adalah termasuk tipe yang sangat aktif, maka tips diatas tidak terlalu membantu. Sebaiknya bagi para pengguna yang sangat aktif, membeli aksesoris tambahan beruba baterai box (PowerBank) sebagai 'baterai cadangan' yang bisa sewaktu-waktu memberikan tambahan daya untuk smartphone,
dan jangan lupa untuk selalu share and comment.
Baca selengkapnya